teknik pengkabelan jaringan komputer

Posted: September 30, 2011 in Networking

by Ade ‘surya’ Andrial

terkadang kita melalaikan sesuatu yang sebenarnya harus kita pelajari, nah tugas kuliah ku ini semoga bisa menjawab semua beban di otak kita.

Apa sih kabel UTP itu? Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan.

Kabel UTP ada banyak merek yang beredar di pasaran, hanya saja yang terkenal bandel dan relatif murah adalah merek Belden – made in USA. Kalau mau yang lebih murah dan penggunaannya banyak, maka beli saja yang satu kotak, panjangnya sekitar 150 meter.

Kabel UTP (Unshield Twisted Pair)

Mempunyai delapan pin (4 pasang).
  • Pin1 dengan warna hijau-putih (TD+)
  • Pin2 dengan warna hijau (TD-)
  • Pin3 dengan warna orange-putih (RD+)
  • Pin4 dengan warna biru (NC)
  • Pin5 dengan warna biru-putih (NC)
  • Pin6 dengan warna orange (RD-)
  • Pin7 dengan warna coklat-putih (NC)
  • Pin8 dengan warna coklat (NC)

Tiga Cara Pemasangan UTP

Straight Trought : Pengkabelan jenis ini biasanya diperuntukkan untuk menghubungkan peralatan yang berbeda jenis. Misal untuk menghubungkan PC dengan hub, switch dan router, switch dan PC dan sebagainya.

  1. PC to Hub, PC to Switch
  2. Router to Hub, Router to Switch


Cross Over : Pengkabelan jenis ini biaanya digunakan untuk menghubungkan peralatan sejenis. Misal  untuk menghubungkan PC dengan PC, hub dengan hub dan sebagainya

  1. PC to PC
  2. Hub to Hub
  3. Switch to Switch
  4. Hub to Switch

Roll Over : Pengkabelan jenis ini merupakan pengkabelan khusus, Misal untuk melakukan konfigurasi router menggunakan PC

Cara Pemasangan Kabel UTP

yang ingin langsug praktek untuk pemasangan kabel UTP jaringan komputer, unduh ajj link dibawah ini gan, ane ikhlas dunia akhirat

Teknik Pemasangan Kabel UTP

 

nah kalo ini yang udah jadi ajj ya.
bekicot :

ALHAMDULILLAH
SELAMAT BELAJAR..!!!

About these ads
Komentar
  1. [...] teknik pengkabelan jaringan komputer [...]

  2. adikcilak mengatakan:

    Terima kasih infonya yah bang..

  3. erickfebri mengatakan:

    sedap bah.
    aku coba ya

  4. Ilham Slavinski mengatakan:

    nice info bang…

    cuma info aja: roll over biasanya ditempat saya disebut kabel console…

  5. Andri mengatakan:

    He he he he……
    Setting di laptop/pc-nya koq nggx di barengin…???
    Tp dah mantaaaaaap……..
    Lanjutkan……..

  6. ophrack3rz mengatakan:

    adi
    oke tekape ajj

    erick
    wkkwk
    thx gan

    andri
    wah, setingannya nanti kita olah, soalnya kan nanti tergantung sistem operasinya juga :D

  7. ophrack3rz mengatakan:

    ilham
    oh gitu ya
    terima kasih masukannya :D

  8. [...] Posted: September 30, 2011 in Networking 7 [...]

  9. [...] Posted: September 30, 2011 in Networking 7 [...]

  10. [...] Posted: September 30, 2011 in Networking 7 [...]

  11. miya mengatakan:

    sngkat bget materi nya

  12. Ahmad mengatakan:

    Nice… Ijin Copas :)

  13. fachrizal mengatakan:

    nuhun infona kang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s