ACEH itu UNIX, loh. UNIX itu bukan LINUX :D

Posted: November 18, 2011 in Artikel & Ulasan

by Ade ‘surya’ Andrial

Aceh itu UNIX, loh . UNIX itu bukan LINUX. hahaha (kita nggak bicara linux kali ini) tapi ACEH, ACEH DAN ACEH.
judulnya agak ngaco ya, tapi tak apa apa. setelah saya surfing tadi eh nemu lagi karya anak anak aceh, ada ada saja Aceh ini
Ada banyak sekali istilah-istilah yang menarik dalam pergaulan anak-anak muda seperti kita ini di Aceh. Istilah-istilah bahasa Aceh itu layaknya Ikan kayu, sering dimakan namun sering juga dilupakan. oke, rada ga nyambung memang. Jadi….kita langsung aja ya

1. Bek (lagee) Jampook Beuh

Istilah ini sudah terkenal sejak dulu kala, mungkin sewaktu nenek-nenek kita masih remaja. Sebenarnya istilah Bek Lagee Jampook ini kalau diartikan secara bahasa artinya, “Jangan Seperti Burung Hantu”, namun kalau diartikan secara ilmiah gauliah, artinya “Jangan Narsis ya”. Sejarah mengatakan, pada jaman dulu kala, dalam sebuah hikayat Aceh, di sebuah rimba, sedang ada kumpul binatang, binatang-binatang ini sedang berunding untuk memilih pemimpin mereka, tiba-tiba saja Burung Hantu (Jampok) mengajukan diri dengan mengatakan kelebihan-kelebihannya, mulai dari bentuk wajah, paruhnya yang indah, dan lain-lain. sejak saat itulah muncul istilah “Bek Lagee Jampok!”, tapi sekarang istilah itu digunakan buat siapa saja yang narsis, walaupun ada istilah, no narsis,no eksis.🙂

2. Eh Malam

Istilah ini sudah terkenal di kalangan anak-anak muda yang aktif dan dinamis kayak aku, haha. Jadi kalau Bang Rhoma terkenal dengan bergadang jangan bergadang, anak-anak muda di Aceh cukup bilang, “Eh malam” yang artinya Tidur Malam. cukup simpel bukan?
Tanda-tanda orang yang Eh Malam :
– Kalau ngobrol suka ngga nyambung
– Ada lingkaran hitam di bawah mata
– Kalau ketemu suka menguap, hati-hati kalau berada di depannya, bisa tersedot ke dalam mulutnya.
– Suka melakukan gerakan-gerakan aneh
– Waspadalah,waspadalaah…..

3. Hana Peng, Hana Inong

Istilah ini sudah terkenal dimana-mana, “Hana Peng, Hana Inong” yang artinya, “ga ada duit, ga ada cewek”. Jadi kalau lihat cowok sampe sekarang belum punya cewek, bisa dipastikan kondisi keuangannya??? haha. Ooops!

4. Bek Malee-Malee

Istilah ini artinya “Jangan Malu-malu”, mengajarkan kita walaupun narsis jangan berlebihan, tapi sebagai anak muda kita jangan malu-malu juga, kalau punya potensi diri yang besar, tunjukkan, tunjukkan kalau kita bisa! Tau ga kenapa Dinosaurus itu punah dari muka bumi ini? karena mereka malu-malu, jadi jangan sampai kejadian kita punah karena malu. *bener-bener ga ilmiah ini*

5. Cat Langet

Istilah ini artinya “Seperti Mengecat Langit”, kalau dalam peribahasa Indonesia, “seperti membuang garam ke dalam lautan”, pekerjaan yang sia-sia. Punya mimpi sah-sah aja, bagus malah, tetapi mimpi yang seperti apa yang bisa kita realisasikan, kalau sudah berlebihan, tinggal bilang, “cat langeeeet….”

6. Cang Boh Panah

Istilah ini agak sulit diartikan secara harfiah (padahal aku sendiri ga tau arti harfiah itu apa). Boh Panah itu sendiri artinya Buah Nangka, nah, kalau kita kebanyakkan makan buah nangka apalagi sendirian siap-siap terkentut-kentut. Jadi, istilah diberikan kepada orang-orang yang banyak sekali obrolannya tapi ga ada isinya. Alhasil tidak ada garansi uang kita bisa kembali.
7. Gabuk Manok, gabuk Itek

Istilah ini artinya “Sibuk Ayam, Sibuk Itik” kalau secara gauliah artinya “Suka ikut-ikutan”. Melihat tetangga sudah punya mobil baru, kita juga punya yang sama atau lebih, tetangga punya kulkas baru, sibuk juga pengen punya, tetangga baju baru dari Mr.Piyoh, eh pengen punya juga (kalau yang ini wajib dicontoh, soalnya pesan sponsor, hehe). Jadi kesimpulannya, jadilah diri sendiri, jangan suka ikut-ikutan, apalagi kalau yang diikuti itu jelek dan tidak sesuai dengan hati nurani kita.

:ngakak sendiri lah saya baca artikel ini, bantu ngakak donk gan. hahahahhahaha
😀😀😀😀

source : http://piyoh.blogspot.com/2011/04/uniqaly-aceh-unik-kali-aceh.html

Komentar
  1. arradysradys mengatakan:

    😀
    seru paduan gambar ama tulisannya..

  2. ophrack3rz mengatakan:

    wakakaka, udah dari sono nya tu bang😀

  3. Arial mengatakan:

    hahahaa….. eh malam.

  4. sidom mengatakan:

    ide nya kreatif !!

    set sebagai wallpaper keren nie

  5. ir aja mengatakan:

    harga bajunya lumayan mhal2 di piyoh. designnya oke

  6. ophrack3rz mengatakan:

    baju apaan ne bang?

  7. ophrack3rz mengatakan:

    arial
    wkwkkwk

    sidom
    mantap
    hajar ajj gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s