Mengaktifkan Tab Completion DEBIAN/UBUNTU

Posted: Desember 8, 2011 in Linux

Assalamu’alaikum
sebelumnya,,,ingat lah untuk membaca tutorial ini sampai habis,,,karena kalo ada kesalahan,,,saya gak mau tanggung jawab ya. . .:D

Tab Completion pada terminal yaitu saat kita menuliskan suatu command kemudian kita tekan tombol Tab maka command tersebut akan muncul dengan lengkap. Sebagai contoh misalnya saya akan menulis command apt-get,  bila saya manfaatkan fitur tab completion ini maka saya cukup menulis command apt-g  lalu tekan tab kemudian command apt-get akan muncul lengkap.

Sering saya liat kawan2 yg baru install ubuntu versi2 baru (11.04 ke atas) punya masalah dengan tab completion ini,,,jadi saya rela jalan kesana kemari d gugel sekedar mancari solusi untuk kawan2 yg punya masalah sesuai dengan judul dokumen ini. (mudah2an dapat pahala,,,Amiiinnn. . .)😛
dah ah,,capek basa basi,,,ntah iya pun ni klen baca😛

tutorial ini udah saya uji d debian saya dan natty nya adek kecil saya.mudah2an bisa juga d terapkan sama kalian2 yg punya masalah sama. Amin. . .
berikut cara2nya:

buka terminal,,,lalu masuk root (cara ini udah tau pastinya kan? :P)
ketik perintah ini:

” gedit  /etc/bash.bashrc ” (gak pakek tanda petik)

ntar muncul tu dia konfigurasi bash.basrc nya.

nah,,,cari baris ini:

———————————————————————–

# enable bash completion in interactive shells

# if [ -f /etc/bash_completion ] && ! shopt -oq posix; then

# . /etc/bash_completion

# fi

———————————————————————–

kalo udah dapat,,,ilangin tu tanda2 pagar (#) nya
tapi jangan semua,,,pagar di samping bacaan “enable bash bla bla bla” tu jangan d apus ya,,,sengaja tu saya tandain tebal biar nampak dan jangan d apos pagar nya.nanti lari dia.hahahaha

kalo udah d apus ntar jadi gini dia:

———————————————————————

# enable bash completion in interactive shells

if [ -f /etc/bash_completion ] && ! shopt -oq posix; then

. /etc/bash_completion

fi

———————————————————————

ha,,,,nampak tu kan pagar yg d samping “enable bash bla bla bla” tu gak saya apos. . .
kalo semua langkah gak ada yg salah,,,logout atau ribut sistem kalian,,,dan Insya Allah Tab Completionnya udah jalan.

#maaf,,,sumber nya saya lupa bookmark,,jadi ilang😦
bisa cari aja d google tentang TAB COMPLETION
selamat mencoba

regard
NAGA

Komentar
  1. secretblue mengatakan:

    good job kk😀

  2. ophrack3rz mengatakan:

    hadeh, bb naga gokil

Tinggalkan Balasan

